Jika anda belum pernah persentasi sebaiknya anda baca pelajari cara persentasi untuk anda yang ingin berpersentasi dengan baik dan benar. Semua informasinya lengkap disana sehingga anda bisa persentasi dengan benar. Disajikan secara menarik dan tidak membosankan saat dibaca mudah juga untuk dipahami.

Jika Anda sampai ke telinga Anda dalam situasi yang menegangkan, menjadi sulit untuk berpikir jernih. Terkadang, yang terbaik adalah menjauh dari masalah, dan memikirkannya, daripada mencoba menyelesaikannya dengan solusi instan.

Kakek saya sering berkata: “Bahkan badut pengadilan dapat mengajari kami sesuatu yang berguna.” Pepatah ini jauh lebih dalam dalam arti dan berlaku untuk banyak hal – dari kelas Yoga, untuk tidak mengambil hidup terlalu serius, dan untuk umpan balik pelanggan cara yang malang umumnya ditangani oleh dunia bisnis.

Sebagai pelanggan layanan atau produk apa pun – bagaimana perasaan Anda ketika Email Anda diabaikan, pesan surat suara Anda tidak pernah dijawab, dan Anda tidak mendapatkan umpan balik atau kekhawatiran apa pun, dari layanan pelanggan? Kita semua merasakan hal yang sama – tidak ada yang suka diabaikan. Rasa malu dari semua ini adalah bahwa layanan pelanggan semakin memburuk dalam skala global.

Mengetahui hal ini, kita harus meluangkan waktu untuk mendengarkan ketika seseorang telah meluangkan waktu untuk memberi kami saran yang membangun. Ketika Anda mengakui saran dan mempertimbangkan, menerapkan, atau mencobanya, Anda mungkin dapat menciptakan ikatan seumur hidup.

Inilah sedikit cerita tentang bagaimana mendengarkan bisa memberi hasil. Bertahun-tahun lalu, saya bekerja di klub kesehatan dan mengalami dilema. Saya memiliki klien pelatihan pribadi dengan masalah kontrol berat badan, tetapi saya tidak tahu apa masalahnya.
Dia sedang berolahraga, makan hal yang benar, mengikuti diet sehat baru, mengambil kelas Yoga, dan telah membuat 30 hari berputar dalam gaya hidup, tanpa hasil untuk diukur.

Saya melakukan brainstorming dengan pemilik klub kesehatan tanpa keberhasilan nyata, tetapi kami disela oleh seseorang yang mengatakan bahwa saya harus meminta klien saya mencatat semua yang dia makan dan minum.

Yah, saya menerima saran itu dan berlari dengannya. Saya menemukan klien saya sedang minum tiga Coke sehari. Dia tidak menyamakan Coke dengan gula, dan tidak berpikir itu cukup penting untuk disebutkan.

Setelah itu, ia kehilangan lima pon sebulan, rata-rata, selama dua belas bulan berikutnya. Itu adalah penurunan berat badan maksimum 60 pon dalam setahun. Klien khusus ini menjaga berat badannya.

Orang yang membuat saran itu masih menjadi teman baik sampai hari ini. Tak perlu dikatakan, saya memiliki setiap klien pelatihan pribadi yang mencatat makanan mereka, dan minuman – hanya untuk memastikan.

Singkatnya, itu tidak mengambil “ilmuwan roket” untuk mendengarkan umpan balik pelanggan, atau saran rekan; tetapi kita semua, tidak peduli betapa pentingnya kita berpikir, harus bersedia untuk duduk kembali dan mendengarkan nasihat yang membangun. Ini akan menjadi perbedaan antara manajer bisnis yang berkembang dan mereka yang gagal di abad kedua puluh satu.